Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah membahas rencana perpanjangan jalur kereta cepat yang saat ini sudah tersambung Jakarta-Bandung, bakal berlanjut hingga Jogjakarta. Aturannya pun saat ini tengah dibahas.

“PPnya (Peraturan Pemerintah) lagi dirancang untuk kereta cepat Bandung-Jogja,” kata Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo di Stasiun Gambir, Jumat (5/4/2024).

Sementara itu Dirut Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan bahwa saat ini proses dalam proyek ini bahkan belum masuk ke dalam feasibility studies (FS).

“Ini kita masih pra FS, kesepakatan dengan pihak Tiongkok kita lagi studi bareng melibatkan konsultan Tiongkok dan konsultan Indonesia,” kata Dwiyana dalam kesempatan sama.

Ia belum bisa memastikan kapan tanggal pasti FS bakal berjalan. Namun proyek KCIC Jakarta-Bandung memberi banyak pelajaran bahwa persiapan proyek harus matang sebelum direalisasikan. Hal ini juga menjadi arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kita matangkan pra FS. Pesan menteri BUMN, Menteri Luhut untuk ekspansi Yogya-Surabaya kita harus benar-benar prudent hati-hati dalam perencanaannya. Belajar dari yang Jakarta Bandung ada beberapa yang masih bolong tentunya bolong-bolong itu harus kita tutup saat perencanaan di Surabaya-Yogya jadi harus lebih hati-hati,” kata Dwiyana.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Bocoran Terbaru Jalur KA Cepat Jakarta-Surabaya, Ternyata Lewat Sini


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *