Jakarta, CNBC Indonesia-Pemerintah akan memulai rangkaian seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 pada bulan Mei mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

“Insya Allah, sedang kita rapihkan,” kata Anas di Jakarta, Rabu, (17/4/2024).

Anas mengatakan pemerintah juga sudah selesai menyusun formasi yang akan dibuka. Namun, Anas mengatakan pihaknya akan mengecek kesesuaian formasi yang dibuka itu dengan yang dibutuhkan.

“Sudah kita bagi, tapi lagi kita cek lagi. Sekarang formasinya kan kita bagi gelondongan, mereka kita cek benar enggak formasinya,” kata dia.

Anas meminta publik untuk menunggu pengumuman resmi yang akan disampaikan pemerintah. Dia menargetkan pengumuman dimulainya selesai akan dilakukan bulan depan.

“Mestinya bulan depan selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan akan membuka seleksi CASN dengan 2,3 juta formasi pada 2024. Formasi yang dibuka terdiri 690 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil dan 1,6 juta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dari jumlah lowongan CPNS, sebanyak 225.000 dibuka khusus untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sementara, untuk lowongan PPPK dibuka untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer.

Dengan banyaknya jumlah formasi yang dibuka, seleksi akan dibagi dalam 3 tahap. Periode pertama dibuka untuk sekolah kedinasan. Periode kedua untuk CPNS dan PPPK. Sementara, periode III juga akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bisa Dibuka Sampai 3 Kali, Begini Jadwal Seleksi CPNS 2024


(rsa/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *