Jakarta, CNBC Indonesia-Pemerintah akan menanggung sejumlah pengeluaran para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Ada 3 komponen yang ditanggung oleh pemerintah di antaranya transportasi, hingga pengepakan barang.

“Nanti mulai kepindahan, pengepakan dan transportasi dan seterusnya itu akan dibantu,” kata Anas dalam konferensi pers di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, (17/4/2024).

Dalam pemaparannya, Anas menjelaskan komponen pemindahan ke IKN yang ditanggung di antaranya biaya pengepakan, biaya tunggu berupa penginapan transit di Balikpapan, dan biaya transportasi.

Seluruh komponen pemindahan tersebut, akan dibiayai untuk 1 orang ASN, 1 pasangan ASN, 2 anak, dan 1 asisten rumah tangga.

Anas menuturkan pemerintah juga telah menyiapkan tunjangan pionir untuk para ASN yang pertama kali pindah ke IKN. Dia mengatakan besaran tunjangan pionir itu akan segera diumumkan.

“Saya belum bisa umumkan di tempat ini, karena masih menunggu rapat terbatas, tapi sudah kami simulasikan secara komprehensif,” kata dia.

Meski belum bisa mengumumkan, Anas menjamin jumlah tunjangan ini akan menarik. “Mudah-mudahan minggu depan setelah ratas bisa kami laporkan, skemanya sudah siap,” ujarnya.

Sebelumnya, Anas mengatakan pemerintah berencana mulai memindahkan para ASN mulai September 2024. Pemerintah menargetkan ada 11 ribu lebih ASN yang akan dipindahkan di tahap pertama ini. PNS yang hijrah berasal dari 38 kementerian dan lembaga yang dianggap berkepentingan untuk segera berada di kawasan IKN.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Insentif ASN Pindah Ke IKN Tahap Pertama Lebih Besar!


(rsa/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *