Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar akan berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Mereka akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan daya 1,2 gigawatt.

Hal ini terungkap seusai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto didatangi eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Tony Blair melalui lembaga Tony Blair Institute (TBI) menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan pembangunan IKN.

“Jadi kita bahas tadi termasuk yang dibahas dengan Pak Presiden adalah PLTS di IKN yang dipersiapkan sebesar 1,2 gigawatt berbasis kepada investasi Masdar,” kata Airlangga seusai bertemu dengan Tony Blair di kantornya, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

“Masdar sendiri kan punya pengalmaan invesatasi di Cirata jadi ini lebih riil lah untuk melakukan investasi,” tegasnya.

Airlangga belum mau mengungkap investor asing mana lagi yang akan terlibat ke depan dalam pembangunan IKN. Dia hanya menegaskan salah satunya ialah Masdar. Ia juga belum bisa mengungkap seberapa besar nilai investasi yang akan dikucurkan Masdar untuk membangun PLTS 1,2 gigawatt di IKN.

Sebagai informasi, Masdar telah membangun PLTS Terapung terbesar di ASEAN di atas Waduk Cirata dengan luas 200 hektare. PLTS dengan nilai investasi US$ 145 juta ini berada di tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat dan diresmikan operasionalnya oleh Presiden Joko Widodo pada November 2023.

Masdar merupakan perusahaan energi asal UEA yang dimiliki oleh tiga perusahaan energi besar di Uni Emirat Arab, yakni the Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), Mubadala Investment Company, dan Abu Dhabi National Energy Company PJSC (TAQA).

Masdar spesifik mengembangkan proyek-proyek energi bersih alias energi baru terbarukan (EBT), seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau geothermal, hingga hidrogen hijau.

“Jadi yang di IKN itu salah satunya dari Masdar. Investor lain belum dibahas, kan ini yang kita bahas dengan Pak Tony Blair,” tutur Airlangga.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Wow, Kapasitas PLTS Apung Raksasa RI Bakal Diperbesar


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *